Tarif Internet turun 20%

PT Telkom Tbk memutuskan untuk menurunkan tarif internet rata-rata 20 persen mulai 1 April 2009 ini. “Tarif ritel internet Telkom kembali kami turunkan, sejalan dengan program pemerintah yang mengimbau penurunan tarif internet,” kata Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah, di sela-sela peluncuran “Speedy Multi Speed”, di Gedung Telkom, Jakarta, Rabu (1/4) .
Rinaldi menjelaskan, keputusan menurunkan tarif internet terkait dengan keinginan perusahaan untuk memenuhi tingginya permintaan penggunaan internet di Tanah Air.
Ia mencontohkan, tarif internet Speedy dengan akses tak terbatas (unlimited) dengan kecepatan hingga 2 megabyte per detik (Mbps) saat ini hanya sebesar Rp 995.000 per bulan, turun dari sebelumnya sebesar Rp 1,2 juta per bulan.
Dikatakannya penurunan tarif internet Speedy disesuaikan dengan ragam pilihan konsumen yang dijadikan dalam tujuh paket, seperti paket mail, chat, family, executive, dan biz. “Penurunan tarif internet berbeda-beda pada setiap paket, tetapi rata-rata turun hingga 20 persen,” ujar Rinaldi.
Menurutnya, permintaan layanan internet dari waktu ke waktu terus meningkat sehingga mendorong perusahaan untuk menyiapkan kapasitas infrastruktur. “Saat ini, Telkom memiliki kapasitas bandwidth sekitar 17 gigabyte per detik (Gbps), dan terus meningkat seiring dengan masuknya Telkom dalam konsorsium Asia-Amerika Gateway (AAG),” katanya.
Melalui konsorsium AAG tersebut, Telkom saat ini memiliki kuota bandwidth internasional hingga mencapai 30 Gbps, dan akan meningkat hingga 70 Gbps hingga empat tahun ke depan. Meski begitu, Rinaldi menjelaskan, pihaknya belum menurunkan tarif sewa jaringan internet (lease line) kepada penyelenggara jasa internet (ISP) di Tanah Air. “Belum diturunkan karena masih menghitung formulanya, dan memang belum ada benchmark (acuan) tarif sewa jaringan,” katanya.
Sementara itu, Direktur Konsumer I Nyoman G Wiryanata mengatakan, peluncuran paket layanan Speedy tersebut diharapkan dapat menambah jumlah pelanggan sebesar 600.000-700.000 pelanggan pada tahun ini.
Hingga akhir tahun 2009, jumlah pelanggan Speedy ditargetkan mencapai 1,7 juta satuan sambungan layanan (SSL), dengan rata-rata pemakaian per bulan (ARPU) pelanggan Speedy berkisar Rp 270.000 per bulan.

3 Tanggapan to “Tarif Internet turun 20%”

  1. koq turunnya dikit? tak kira’in biaya ngenet per bulan cuma 50rb?eee…. lha koq 1juta.

  2. mantab kalo turun terus😀

  3. Kapan implementasinya di Telkom Batam nih, sampai Juli ini tagihan tetap sama saja dengan bulan2 yang lalu….
    Kalo turun dilambat2in, kalo naik pasti cepat diimplementasi… semangat “kalo bisa mahal knapa mesti murah?” kayaknya masih tetap melekat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: